Portal Universitas Riau adalah salah satu portal akademis yang disediakan oleh Universitas Riau kepada seluruh mahasiswanya agar dapat lebih mudah dalam proses pengaksesan Data Base, seperti mengakses portal UR yang berfungsi untuk melihat nilai semester tertentu bagi mahasiswa dan juga digunakan sebagai untuk keperluan pengisian Kartu Rencana Study(KRS) mahasiswa. Namun, layanan portal yang diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi seluruh mahasiswa masih mengalami beberapa permasalahan terkait permudahan aksesnya terutama masa-masa pengeisian KRS sehingga menimbulkan keluhan mahasiswa yang mengatakan kendala dalam server, sebagai contoh permasalahan pada saat pengisian KRS(Kartu Rencana Study) yang lambat, error, dan lain sebagainya. Layanan portal sangat membantu mahasiswa dalalm proses pengisian KRS dengan tidak perlu datang ke kampus namung membutuhkan PC/laptop serta akses internet yang memadai.

Namun, kenyataanya pengisian KRS tidak semudah dibayangkan, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis(FEB) Universitas Riau. Ketika sudah mempunyai Pc/laptop serta akses internet, namum untuk login portal selalu mengalami masalah diamana susah sekali untuk login, selalu mengalami kendala dalam server,  terjadi error setiap semester ketika proses pengisian KRS. Error dalam pengisian KRS ini tidak terjadi 1 atau 2 semester, namun setiap semester selalu mengalami hal serupa.

Dalam proses pengisian KRS tidak hanya membutuhkan waktu sebentar agar dapat login ke portal masing- masing mahasisawa. Bahkan mencapai waktu 12 jan hanya untuk login dan melakukan pengisian KRS. Melihat pengalaman pada semester ganjil 2017/2018 lalu, pengisian KRS untuk login portal sangat buruk khususnya untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis  UR dimana pada waktu tanggal pengisian kebiasaan para mahasiswa sudah siap didepan monitor dan gedget dengan akses internetnya dimana proses pengisian KRS dimulai pada pukul 00.00 wib. Namun, ketika mencoba untuk LPII FEB UR login portal, portal yang semula mudah untuk diakses sebelum pukul 00.00 WIB, mengalami sangat cepat sekali mengalami ganguan. Hal ini dikarenakan hampir sebagian besar mahasiswa mencoba masuk kedalam portal mereka masing-masing dalam waktu yang bersamaan maka tak jarang server mengalami error. Untuk mendapatkan kelas yang diinginkan, maka mahasiswa Fakulta Ekonomi dan Bisnis berlomba-lomba unruk login portal, walaupun setia login portal mengalami  error. Hingga pukul 12.00 WIB portal sangan sulit sekali untuk diakses untuk pengisian KRS semester ganjil 2017/2018. Sehingga melalui Lembaga Pengkajian Ilmiah dan Informasi yang dinaungi oleh bagian Teknologi Informasi, mencoba melakukan penyebaran dan pengisian kuisioner mengenai pendapat mahasiswa Fakulta Ekonomi dan Bisnis mengenai portal khususnya mengenai pengisian KRS. Kuisioner yang disebar kepada 101 orang reponden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Riau. Hasil rekapitulasi kuisioner pendapat mahasiswa Fakulta Ekonomi dan Bisnis Universita Riau tentang portal khusus tentang pengisian KRS, dapat dilihat bahwa:

1. Akses internet portal saat pengisian KRS cukup mudah. Pada pertanyaan ini sebanyak 17 mahasiswa menjawab “Ya”, 76 mahasiswa menjawab “Tidak” dan 8 mahasiswa menjawab “Mungkin”. Maka dapat disimpulakan sebagian mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UR menyatakan “Tidak” untuk akses imternet pada saat pengisian KRS cukup mudah.

2. Pengisian KRS memerlukan akses internet yang cepat. Pada Pertanyaan ini sebanyak 80 menjawab “Ya”, 10 mahasiswa menjawab “Tidak” dan 11 mahasiwa menjawab “Mungkin” . Maka dapat disimpulkan sebagian besar mahasiswa Fakulta Ekonomi dan Bisnis UR menyatakan “Ya” untuk pengisian KRS memerlukan akses internet yang cepat.

3. Puas terhadap pelayanan portal UR. Pada pertanyaan ini sebanyak 9 mahasiswa yang menjawab”Ya”, 63 mahasiwa menjawab “Tidak” dan 29 mahasiswa menjawab “Mungkin”. Maka dapat disimpulkan sebagian besar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UR menyatakan “Tidak” untuk puas terhdap pelayanan portal UR.

Dari hasil rekapitulasi hasik kuisioner tersebut dapat dilihat bahwa penisian KRS masih sangat sulit diakses. Kejadian setiap tiap semester masih saja terulang bahkan pada semester ini(ganjil2017/2018) semakin memburuk. Ada aktor-aktor yang harus menyelesaikan yang seharusnya mampu menyelesaikan masalah ini  dengan cepat. Tapi lakon dari aktor-aktor tersebut belum terlihat. Walau bagaimanapun, kehadiran KRS online membantu mahasiswa dan kampus dalam kegiatan perkuliahan Ini adalah tugas dari pengelola kampus untuk dapat memberikan pelayanan maksimal kepada mahasiswanya, termasuk dalam pengisian KRS. Sebagai mahasiswa yang dalam hal ini dirugikan, tentunya hanya bisa berharap semoga semester selanjutnya adalah akhir dari permasalahan klasik pengisian KRS online. Sehingga tidak lagi mendengar, “Habis uang untuk biaya warnet demi KRS, rela begadang demi KRS.” Dan keluhan-keluhan lainnya yang berulang-ulang tiap semester.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of